Selasa, 13 Maret 2012

Kesimpulan Kuliah Perilkon bersama pak Ujang

Hari, tanggal : Kamis. 8 Maret 2012
Ruang : GMSK 1-1
PENGOLAHAN INFORMASI DAN PERSEPSI KONSUMEN
Pengolahan informasi terjadi apabila salah satu panca indera kita memperoleh stimulus yang dilakukan melalui 5 tahap, yakni :
1. pemaparan (Eksposure)
2. perhatian (Attention)
3. pemahaman (Comprehension)
4. penerimaan (Acceptance)
5. retensi (Retention)
Pemaparan adalah kegiatan yang dilakukan pemasar untuk menyampaikan stimulus kepada konsumen. Konsumen yang merasakan stimulus tersebut disebut sensasi. Sensasi dipengaruhi oleh ambang absolut dan perbedaan ambang. Ambang absolut adalah jumlah minimum atau energi stimulus yang diperlukan untuk merasakan sensasi. Sedangkan ambang perbedaan menunjukan batas perbedaan terkecil stimulus yang mirip.
- Perhatian dipengaruhi oleh faktor pribadi dan faktor stimulus. Faktor stimulus meliputi ukuran, warna, intensitas, kontras, posisi, pertunjukan, gerakan, kebauran, isolasi, stimulus yang disengaja, pemberi pesan yang menarik dan pemberian pesan yang cepat.
- Pemahaman adalah usaha konsumen untuk mengartikan atau menginterpretasikan stimulus. Konsumen melakukan perceptual organization diamana konsumen cebderung melakukan pengelompokan stimulus. Ini dikembangkan oleh disiplin gestalt psychology yang mengorganisasikan atau mengintegrasikan stimulus untuk memperoleh makna menyeluruh. Terdapat tiga prinsip perceptual organization: figure and ground, grouping dan closure.
- Penerimaan. Pada tahap ini terdapat persepsi konsumen yakni output dari penerimaan konsumen terhadap stimulus. Di dalam konteks pemasaran, maka persepsi konsumen bisa berupa persepsi produk, persepsi merek,  persepsi pelayanan, persepsi harga, persepsi kualitas produk, persepsi toko atau persepsi tehadap produsen.
- Retensi yaitu proses memindahkan informasi ke memori jangka panjang (long-term memory). Ada 3 macam memori konsumen yaitu memori sensosi, memori jangka pendek dan memori jangka panjang. Proses penyimpanan informasi di (long-term memory) melibatkan dua kegiatan penting yaitu rehearsal dan encoding.
Setelah konsumen menyimpan informasi maka informasi tersebut akan diingat dan dipanggil kembali untuk dipakai untuk pertimbangan pengambilan keputusan yang disebut dengan retrieval.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar